Sisa 4 Hari Lagi, Cek Daftar Formasi CPNS BPIP yang Sepi Peminat

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Sabtu, 17 Jul 2021 18:06 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menjelang penutupan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2021, jumlah pelamar di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus meningkat. Diketahui hingga kini sudah 4.242 pelamar yang mengisi formulir dari seluruh formasi, dan 2.154 orang yang sudah mengunggah dokumen.

Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia BPIP, Tri Purno Utomo tahun ini pihaknya membuka 64 formasi CPNS. Dari keseluruhan formasi, 9 orang akan ditempatkan pada Sekretariat Utama, selebihnya tersebar di kedeputian teknis. Menurutnya formasi terbanyak saat ini ada pada Kedeputian Pendidikan dan Pelatihan dengan alokasi 25 CPNS.

"Ya tahun ini kita jumlah formasinya tidak jauh dari tahun sebelumnya, tahun lalu kita mendapatkan alokasi hanya 60 formasi dan tahun ini hanya 64 formasi," ujarnya dalam keterangan tertulis (17/7/2021).

"Meskipun demikian, jumlah pelamar ke BPIP selalu banyak yakni mencapai lebih dari 4 ribu pelamar," imbuhnya.

Adapun jabatan yang paling diminati tahun ini yaitu Analis Kurikulum dan Pembelajaran pada Deputi Pendidikan dan Pelatihan dengan jumlah pelamar mencapai 2.706 orang. Lalu, di peringkat 2 ada Analis Penelitian dan Pengembangan dengan jumlah pelamar 385 orang, dan disusul jabatan Analis Penyuluhan dan Layanan Informasi 243 pelamar, Ahli Pertama Widyaiswara 219 orang dan Ahli Pertama Pranata Komputer sebanyak 215 pelamar.

"Diprediksi jumlah tersebut akan terus bertambah sampai tanggal penutupan pendaftaran tanggal 21 juli 2021," jelasnya.

Sedangkan jabatan yang sepi peminat, yakni Pengelola Pengkajian dan Penelaah Hukum dengan 3 pelamar, Pengelola Informasi Produk Hukum 7 pelamar, Pengelola Penyelenggaraan Diklat 10 pelamar, Pranata Diklat 10 pelamar, Perancang Grafis 14 pelamar, serta Pengadministrasian 17 pelamar.

Lebih lanjut, dia menjelaskan berdasarkan data Bagian Sumber Daya Manusia BPIP, sejumlah jabatan yang sepi peminat berasal dari beberapa kualifikasi Pendidikan yang meliputi D-III Manajemen Perkantoran/ D-III Tata Perkantoran/ D-III Administrasi Perkantoran / D-III Psikologi/ S-1 Manajemen Pendidikan/ D-IV Administrasi / D IV Manajemen/ S-1 Ekonomi/ S-1 Manajemen/ D-IV Manajemen Pendidikan/ S-1 Psikologi/ S-1 Administrasi/ D-IV Ekonomi dan kualifikasi Pendidikan dari rumpun ilmu multimedia atau grafis.

Diungkapkannya, Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD yang dimulai pada 25 Agustus 2021 mendatang akan dilaksanakan di sejumlah daerah. Selain di Badan Kepegawaian Negara Jakarta, lanjut dia, tes juga akan dilaksanakan di Pekanbaru, Yogyakarta, Denpasar dan Makassar.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap berita bohong dan penipuan tentang penerimaan CPNS, terutama di lembaga BPIP. Ia menyarankan masyarakat untuk mengunjungi kanal seperti web atau media sosial resmi BPIP guna mendapat informasi lengkap terkait seleksi CPNS.

(akd/ara)