SKD CPNS 2021 Dimulai: Pemeriksaan Berlapis-Belum Vaksin Diputar Balik

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 06:30 WIB
Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2021 berjalan mulai hari ini. Begini suasana tes di gedung Badan Kepegawaian Nasional Jakarta.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 tahap pertama resmi dimulai. Tahap kedua tes SKD CPNS 2021 akan berlangsung pada 14 September 2021 di titik lokasi Instansi Mandiri.

BKN mencatat, total pelamar yang melakukan submit pendaftaran CPNS 2021 sebanyak 4.034.366. Dari total tersebut, 3.339.722 pelamar lolos seleksi administrasi dan melanjutkan ke SKD CPNS. Agar dapat mengikuti perkembangannya, berikut beberapa fakta yang terjadi pada hari pertama SKD CPNS 2021:

1. Pemeriksaan Berlapis

Di hari pertama SKD CPNS 2021, penerapan protokol kesehatan berlangsung ketat. Mulai dari pemeriksaan suhu, menggunakan masker dobel, dan membawa bukti bebas COVID-19 termasuk surat vaksinasi. Peserta SKD CPNS 2021 diharuskan membawa berkas-berkas persyaratan yang diwajibkan dan dilarang membawa barang lain ke dalam ruangan ujian.

"Pantauan seluruh pansel regional BKN di seluruh Indonesia, tahap pertama ini lebih dari 2.500. Semua berjalan, yang mendaftar suhunya tinggi disiapkan tempat khusus dan kemudian positif nanti akan dicarikan tempat lain. Kita akan memberikan kesempatan yang sama. Saya kira ini kita coba hari ini lancar walaupun di tengah-tengah pandemi COVID-19 semua berjalan bagus," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo di BKN Pusat, Jakarta Timur, Kamis (2/9/2021).

2. Peserta Belum Vaksin Diputar Balik

Ada kejadian menarik di hari pertama SKD CPNS 2021. Petugas di lokasi sempat menuturkan bahwa masih ada peserta yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Alhasil, yang bersangkutan diputar balik dan mencari lokasi vaksinasi terdekat untuk dapat mengikuti tes SKD CPNS. "Ada dua orang tadi jadi disuruh ke puskesmas terdekat aja. Tahunya dapat terus balik lagi ke sini bisa ikut tes lagi," kata salah satu petugas di lokasi.

Ada daerah yang dapat dispensasi bebas syarat vaksin. Cek halaman berikutnya.