3 Tips Agar Tak Kena Penipuan CPNS Kayak di Kasus Anak Nia Daniaty

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 05:46 WIB
Olivia Nathania, anak dari Nia Daniaty saat kelar dari Polda Metro Jaya.
Foto: Palevi S/detikHOT
Jakarta -

Anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania dan suaminya, Rafly N Tilaar dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan. Olivia Nathania dan suaminya dipolisikan warga karena kasus penipuan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) sejak 2019.

Keduanya dikabarkan melakukan penipuan dengan dalih dapat meloloskan PNS tanpa tes lewat jalur prestasi atau menggantikan PNS yang meninggal karena COVID-19. Pengacara para korban, Odie Hodianto juga menyebutkan mereka diduga memalsukan surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk meyakinkan para korban. Kerugian ditaksir mencapai Rp 9,7 miliar dari korban berjumlah 225 orang.

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja sama BKN Satya Pratama mengatakan masyarakat tergiur masuk CPNS dengan cara mudah karena tidak mengetahui prosedur pengadaan PNS yang benar. Menurutnya, jangan pernah mempercayakan nasib kelolosan CPNS kepada calo.

"Banyak yang tertipu karena tidak paham prosedur pengadaan PNS. Jangan percaya calo, jangan percaya dengan pihak yang menjanjikan kelulusan karena itu pasti bohong," kata Satya kepada detikcom, Selasa (28/9/2021).

Satya juga mengatakan, jika ada yang menawarkan bantuan dengan syarat sejumlah uang agar segera dilaporkan. "Laporkan bila ada pihak atau oknum yang menawarkan dapat membantu kelulusan. Kalau dimintai sejumlah uang untuk menjamin kelulusan, pasti penipuan," sambungnya.

Berdasarkan prosedur yang berlaku, proses pengadaan ASN atau PNS dilakukan secara terbuka dan diumumkan secara resmi baik di media massa dan media sosial pemerintah. Selain itu, seluruh proses seleksi pun tidak dipungut biaya sepeser pun.

Perihal prosedur yang benar mengenai pengadaan abdi negara ini, sebetulnya pemerintah telah mengatur dalam Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021.

Dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 pasal 22 disebutkan pengadaan PNS dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, pengangkatan calon PNS dan masa percobaan calon PNS, hingga pengangkatan menjadi PNS.

Agar tak ada lagi yang tertipu, BKN memberikan beberapa cara untuk mengenali ciri-ciri modus penipuan. Penjelasannya ada di halaman selanjutnya:



Simak Video "Polisi Bakal Periksa Lagi Anak Nia Daniaty Besok Kamis"
[Gambas:Video 20detik]