Viral Dugaan Manipulasi Tes Wawancara CPNS 2021, BKN Buka Suara

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 12:36 WIB
Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni. Seperti yang terlihat di Gedung BKN, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Beredar kabar mengenai dugaan manipulasi tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di media sosial Twitter. Dugaan manipulasi tes CPNS ini terjadi pada tahap seleksi wawancara & micro teaching.

Menurut akun Twitter yang melaporkan kejadian tersebut, dikatakan bahwa nilai sejumlah peserta dijatuhkan habis-habisan di wawancara & micro teaching, sementara nilai peserta lain malah didongkrak bukan main.

Adapun dugaan ini didukung dengan adanya sebuah infografis yang memperlihatkan adanya gap nilai wawancara & micro teaching yang sangat jenjang antara peserta yang lolos dan tidak lolos tes.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menyarankan kepada peserta CPNS yang bersangkutan untuk segera melaporkan perkara itu.

"Wawancara yang dimaksud merupakan dari rangkaian SKB. Jika ada keberatan maka bisa disanggah. Jika ada kecurangan silahkan dilaporkan," Jelas Satya kepada detikcom, Selasa (28/12/2021).

Satya juga menjelaskan bahwa peserta CPNS dapat mengajukan laporan kecurangan itu melalui https://www.bkn.go.id/homepage/lapor-bkn. Atau bila tidak, peserta juga dapat mengajukan sanggahan kepada instansi melalui akun SSCASN peserta.

Lihat juga Video: 252 CPNS Didiskualifikasi karena 'Main Mata' dengan BKN

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)