ADVERTISEMENT

Apakah Lowongan CPNS 2022 Dibuka?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 14:33 WIB
Hasil SKD CPNS 2021 Tahap I Sudah Diumumkan, Instansi Pilihanmu Termasuk?
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

Banyak orang masih bertanya-tanya apakah lowongan CPNS 2022 akan dibuka kembali. Sebab sebelumnya memang ada kabar yang beredar jika CPNS 2022 tak akan digelar dan diganti oleh skema PPPK.

Namun Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyebutkan jika pendaftaran CPNS 2022 akan tetap dibuka. Tapi disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kalau tahun depan, pengertian tidak ada, bukan tidak ada sama sekali. Tapi ada pengurangan, sesuai kebutuhan," kata Tjahjo dikutip dari pemberitaan detikcom.

Dia menyebutkan pendaftaran lowongan CPNS 2022 ini tidak akan melebihi kebutuhan. Misalnya jika sebuah instansi hanya butuh 5 orang maka yang dibuka hanya 5. Tidak lebih.

Tjahjo juga menyebutkan, memang penerimaan pegawai ini akan lebih banyak menggunakan skema PPPK. Menurut Tjahjo PPPK juga mendapatkan gaji dan tunjangan yang sama dengan CPNS.

Kabar peniadaan pendaftaran lowongan CPNS 2022 sendiri diketahui dari komentar Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana di salah satu postingan di akun Instagram resminya. Komentar itu sempat viral di media sosial dan dijadikan bahan perbincangan kalau pemerintah tidak membuka lowongan CPNS di tahun depan.

Dilihat detikcom langsung dari akun @wibisanabima, dalam salah satu unggahan yang keterangannya diunggah sejak tiga minggu lalu, Bima memang menyebutkan kalau seleksi CPNS di 2022 tidak ada.

Dia membalas salah satu komentar followers-nya yang meminta pemerintah untuk membuka seleksi CPNS di tahun 2022. Namun, Bima menjawab di tahun depan seleksi hanya dibuka untuk formasi PPPK.

"2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat sedikit, yang banyak PPPK," kata Bima dikutip detikcom dari akun @wibisanabima.

Meski demikian, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa pendaftaran lowongan CPNS 2021 masih akan tetap dibuka. Jadi bagi kamu yang mau daftar gak perlu khawatir lagi ya!

Lihat juga video '252 CPNS Didiskualifikasi karena 'Main Mata' dengan BKN':

[Gambas:Video 20detik]




(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT