Tjahjo Ungkap Rekrutmen ASN Fokus ke PPPK, CPNS 2022 Nggak Ada?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 18 Jan 2022 10:44 WIB
Kemenpan RB Bakal Umumkan Hasil CPNS di Tahap II, Ini Informasinya
Ilustrasi/Foto: Dok.detikcom
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyebut rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini akan difokuskan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Rekrutmen CPNS 2022 tidak diadakan.

Tjahjo mengatakan rekrutmen PPPK untuk 2022 demi memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kesehatan di Indonesia.

"Untuk sementara rekrutmen TA 2022 difokuskan pada PPPK terlebih dahulu, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan dasar kependidikan (guru) dan tenaga pelayanan kesehatan," kata Tjahjo kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Lalu bagaimana dengan rekrutmen CPNS 2022? Tjahjo tidak menyinggungnya sama sekali.

Fokus kepada seleksi PPPK karena pemerintah memang sedang mendorong penyederhanaan birokrasi. Pemerintah, kata Tjahjo, akan mengkaji secara menyeluruh dampak dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang nantinya akan ditetapkan di semua instansi pemerintahan.

Saat ini lebih dari sepertiga abdi negara menempati jabatan pelaksana yang diperkirakan 30-40% akan berkurang kebutuhannya seiring dengan progres transformasi digital yang dicanangkan pemerintah.

"Perlu dipersiapkan strategi alih tugas melalui upskilling dan re-skilling mereka agar mampu melaksanakan pekerjaan yang masih akan dibutuhkan ke depan," imbuhnya.

Lihat juga video '252 CPNS Didiskualifikasi karena 'Main Mata' dengan BKN':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)