Pantas Saja Seleksi CPNS Selalu Diserbu Tiap Tahun

ADVERTISEMENT

Pantas Saja Seleksi CPNS Selalu Diserbu Tiap Tahun

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 26 Jan 2023 06:30 WIB
Materi Pokok SKB CPNS 2021 Apa Saja? Ini Link Downloadnya!
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

Pekerjaan sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi impian banyak orang. Karena itulah, setiap pembukaan seleksi CASN atau yang biasa dikenal CPNS, selalu ramai diikuti masyarakat.

Salah satu daya tarik yang membuat seleksi ini diserbu pelamar ialah jaminan untuk memperoleh pendapatan tetap, meski gejolak ekonomi melanda dunia. Sayangnya, hingga kini informasi soal seleksi CASN 2023 masih belum jelas. Padahal, banyak orang yang tengah menanti-nantikan jadwal pembukaannya.

Seleksi CPNS 2023 Pasti dibuka

Dalam hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjamin seleksi CASN 2023 pasti akan dibuka, untuk mencari calon pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Tengah tahun. Kita pengen lebih cepat dari tahun lalu. Tahun lalu kan telat nih (PPPK) 2022 kegeser ke 2023 eksekusinya sebagian," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDN) Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni, selepas acara Penutupan ASN Culture Fest 2023 di The Westin Jakarta, Rabu (25/01/2023).

Kendati demikian, Alex belum dapat memastikan berapa formasi yang ditetapkan untuk tahun ini. Menyangkut formasi hingga timeline seleksi tersebut, akan dibahas tuntas dalam rapat yang dilaksanakan esok hari, pada Kamis (26/01/2023).

Ia menekankan, seleksi kali akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan. Setelah ini barulah akan berlanjut ke tenaga digital selaras dengan tengah didorongnya transformasi digital.

Formasi guru dan tenaga kesehatan terlebih dulu akan ditetapkan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tak lupa, usulan kebutuhan formasi juga akan diberikan oleh para instansi pemerintahan daerah.

Alex berharap, seleksi kali ini bisa dimulai lebih cepat dari tahun sebelumnya, di mana seleksi PPPK sendiri baru di buka di kisaran Desember 2023. Karena itulah, PANRB menargetkan seleksi kali ini akan dibuka lebih awal, yakni di pertengahan tahun ini.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT