Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 18:53 WIB

Cara Cek Resi PT Pos Indonesia dengan Mudah

Puti Yasmin - detikFinance
Cara Cek Resi PT Pos Indonesia dengan Mudah/Foto: Yakub Mulyono Cara Cek Resi PT Pos Indonesia dengan Mudah/Foto: Yakub Mulyono
Jakarta - Ada cara mudah mengecek resi PT Pos Indonesia. Bagaimana caranya? Yuk simak!

Resi Pos merupakan nomor bukti pengiriman logistik yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan kurir, logistik, dan transaksi keuangan.



Nah, berikut cara cek resi pos:

1. Buka Laman Pos Indonesia

Untuk cek resi pos, pertama Anda bisa dilakukan dengan membuka laman tracking Pos Indonesia di alamat https://www.posindonesia.co.id/id/tracking. Kemudian masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia dan klik kirim.

Contoh nomor resi pos biasanya terletak pada bagian kanan atas. Biasanya akan tertulis sebagai nomor kiriman atau nomor barcode.

Dari situ, akan terlihat data pengiriman pos yang dilakukan. Adapun, langkah cek resi pos bisa dilakukan lewat hp maupun laptop guna mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum.

2. Status Pengiriman

Sebelum mengecek resi pos, ada beberapa status yang perlu Anda ketahui. Misalnya untuk posting loket artinya sudah diterima di loket dan akan segera dikirim.

Kemudian, Manifest terima artinya kiriman sudah diterima pada bagian dari kantor Pos yang bertugas melanjutkan ke proses selanjutnya. Manifest Serah artinya kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor pos tujuan.



Keempat, proses antar artinya kiriman sedang dibawa kurir untuk diteruskan pada penerima. Selesai antar, artinya paket telah diserahkan kurir kepada penerima dan pengiriman sukses.

Terakhir, ada antar gagal yang artinya pengiriman gagal dilakukan dan akan dikirimkan keesokan harinya dan antar ulang artinya kiriman yang gagal akan diantar kembali keesokan harinya.

Sementara, bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut cek resi pos bisa dengan menghubungi call center Pos Indonesia di nomor 161 atau melalui line di @posindonesia_officialbot atau email di halopos@posindonesia.co.id.

Selamat mencoba!

Simak Video "BKPM Patok Harga Nikel Dalam Negeri US$ 30 Per Metrik Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com