ADVERTISEMENT

d'Mentor: Belajar Bisnis Syariah

Edward F. Kusuma - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2022 16:29 WIB
Jakarta -

Kementerian Keuangan menyebutkan, sekitar 87% masyarakat Indonesia adalah pemeluk Islam. Sebagai salah satu wilayah dengan jumlah pemeluk Islam terbanyak di dunia, negara ini dinilai potensial untuk mengembangkan ekonomi syariah melalui bisnis syariah. Banyaknya institusi bernapaskan Islam juga menjadi salah satu faktor penting dalam mempercepat pertumbuhan model ekonomi ini. Namun, sebelum seseorang terjun ke model bisnis ini, tentu saja pengetahuan yang cukup adalah salah satu modal utamanya.

Sudah banyak terjadi, seseorang salah memahami bisnis dengan ruh sistem ekonomi syariah. Dalam beberapa kasus, seseorang yang kurang memahami bagaimana ekonomi dan bisnis syariah berjalan, akan mudah terperosok pada jalur yang tidak pas dengan apa yang mereka harapkan.

Pemerintah menyebutkan, dalam proses perkembangan ekosistem syariah, masyarakat perlu ikut ambil bagian dan mengambil peranan penting dalam proses ini. Apalagi, kondisi ekonomi Indonesia yang tengah merangkak setelah dihempas gelombang pandemi.

Belum lama, Indonesia mampu bertahan dari terpaan gelombang Covid-19. Namun, negara ini belum lepas dari pandemi. Belakangan, varian virus Omicron Ba 4 serta BA 5 terdeteksi di Indonesia dan telah menginfeksi lebih dari ratusan orang per hari. Peran serta masyarakat diperlukan agar gelombang tinggi Covid-19 tidak datang kembali dan mempora-porandakan perekonomian negara.

Dalam kondisi saat ini, bisnis dengan prinsip ekonomi syariah bisa menjadi salah satu cara untuk mempertahankan kekuatan ekonomi Indonesia. Dengan berbagai model usaha yang dimiliki oleh para masyarakat muslim, setidaknya akan tercipta ekosistem pasar yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Berdasarkan data kementerian keuangan tahun 2021, Indonesia menempati peringkat nomor 4 dunia, dengan nilai aset setidaknya US$99 miliar yang membuatnya menempati peringkat 7 dunia. Inilah potensi riil yang dimiliki Indonesia untuk memajukan perekonomian dengan membentuk ekosistem bisnis syariah.

Berangkat dari hak tersebut, d'Mentor kali ini ingin lebih memahami bagaimana ekonomi serta bisnis syariah itu berjalan. Dengan tema 'Belajar Bisnis Syariah', d'Mentor ingin mengajak masyarakat untuk masuk dalam pusaran perkembangan ekonomi ummat.

Menghadirkan Adiwarman A. Karim (Komisaris utama PT. Bank Syariah Indonesia Tbk.) dan Irfan Syauqi Beik (Ahli Ekonomi Syariah IPB), saksikan live d'Mentor malam ini pukul 19.00 WIB di kanal Youtube, Facebook, dan web detikcom. Bagi anda yang ingin bertanya, silakan sampaikan langsung dengan cara bergabung melalui link zoom yang tertera di sepanjang acara.

(vys/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT