Di Dunia, Hanya RI Yang Masih Pakai Bensin Premium

- detikFinance
Kamis, 13 Des 2012 12:51 WIB
Jakarta - Pemerintah hingga sampai saat ini masih memberikan subsidi BBM jenis premium dan solar kepada rakyatnya senilai Rp 200 triliun. Ternyata, dari sekian ratus negara di dunia, hanya Indonesia yang masih betah pakai bensin premium.

"Tidak ada lagi di dunia ini yang pakai premium selain Indonesia," kata Wakil Kepala Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fahmi Harsandono kepada detikFinance, Kamis (13/12/2012).

Bahkan, kata Fahmi, tidak ada negara satupun di dunia saat ini memproduksi bensin jenis premium, seluruhnya sudah produksi jenis pertamax dengan ron (oktan) 92 ke atas, sedangkan premium beroktan 88.

"Tak ada di dunia ini negara yang masih memproduksi premium selain Indonesia, semuanya jenisnya seperti pertamax dengan ron 92 ke atas," ucap Fahmi.

Lantas mengapa sampai saat ini Indonesia masih pakai bensin premium?

"Ya karena kilang pengolahan minyak yang kita miliki saat ini spesifikasinya khusus mengolah premium, dan itupun usiannya sudah sangat tua," ungkap Fahmi.

Jika Indonesia seluruhnya menggunakan pertamax dengan ron 92 ke atas, tentunya kilang yang dimiliki sekarang ini dengan kapasitas pengolahan BBM 1 juta barel per hari bakal menganggur. Namun Fahmi tak menyatakan apakah BBM yang diimpor Indonesia adalah jenis pertamax yang kemudian diturunkan menjadi premium sebelum dilepas ke SPBU.

"Ya kalau kita pakai pertamax semua, kilang kita yang khusus mengolah premium nganggur dong," cetus Fahmi.

(rrd/dnl)