Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Mei 2014 10:42 WIB

Ini Kenapa Malaysia Bisa Jual BBM Sekelas Pertamax Plus Rp 7.350/Liter

- detikFinance
Foto: Harga BBM di SPBU Malaysia Foto: Harga BBM di SPBU Malaysia
Jakarta -

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Malaysia untuk oktan atau Research Octane Number (RON) 95 dijual RM 2,1/liter atau sekitar Rp 7.350/liter. Sementara harga BBM RON 95 di Indonesia atau Pertamax Plus dijual Rp 12.000/liter.

Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi mengatakan, harga BBM di Malaysia bisa lebih murah karena di Malaysia rantai distribusinya sangat efisien.

"Di Malaysia rantai distribusi itu efisien, dari kilang minyaknya yang memang didesain sejak awal produksi RON 95. Di Indonesia kan kilang-kilang kita didesain RON 88, lalu di Malaysia distribusinya dari depo ke SPBU lebih mudah dan murah, sehingga biaya distribusi dapat ditekan makanya bisa lebih murah," ungkap Eri kepada detikFinance, Selasa (6/5/2014).

Eri mengungkapkan, sementara di Indonesia, distribusi BBM masih belum efisien, lebih banyak didistribusikan menggunakan kapal laut. "Apalagi negara kita sangat luas, sementara harga BBM-nya harus sama dari ujung Sabang-ujung Marauke, rumit sekali, biaya tinggi," ungkapnya.

Dia menambahkan, selain geografi Indonesia yang sangat luas, jumlah penduduk Indonesia dengan Malaysia berbanding jauh sekali.

"Kita itu 240 juta jiwa, Malaysia setengahnya saja tidak sampai, mereka produksi minyak berlebih makanya bisa ekspor BBM, makanya bisa murah, Indonesia? Betapa luar biasa kita," tutupnya.

(rrd/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com