Warga Sumsel Girang Listrik Mulai Menyala Setelah 3 Hari Mati

- detikFinance
Minggu, 02 Nov 2014 18:38 WIB
Jakarta - Listrik di Sumatera Selatan sempat padam selama 3 hari terakhir. Namun hari ini, masyarakat sudah mulai bisa kembali menikmati listrik karena pulihnya pasokan gas di pembangkit Borang.

"Ini mulai ada yang hidup. Tempat saya petang ini juga sudah hidup," tutur Hanif, warga Sekip Ujung, Palembang, ketika dikonfirmasi detikFinance, Minggu (2/11/2014) sekitar pukul 18.00 WIB.

Saat dihubungi, Hanif mengaku baru pulang ke rumah. Sebelumnya saat di jalan, ia melihat listrik di pusat kota Palembang juga sudah hidup.

"Aman sekarang. Sepertinya sudah mulai normal," kata Hanif dengan nada girang.

Selama 3 hari terakhir, warga Sumsel, khususnya Palembang, kelabakan karena listrik mati. Pemukiman gelap gulita kala malam. Bahkan untuk mengisi baterai ponsel harus menumpang ke rumah atau kantor yang memiliki genset.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said bertindak cepat dalam mengakhiri krisis listrik di Sumsel. Mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) tersebut meminta seluruh pihak yang terkait untuk segera mengalirkan gas ke Borang.

Menurut Sudirman, ini adalah solusi cepat untuk mengatasi masalah atau debottlenecking. Sebab, jika diperlakukan biasa atau business as usual, maka kerugian masyarakat Sumsel akan semakin besar.

(try/hds)