Follow detikFinance
Senin 19 Jun 2017, 14:50 WIB

Wamen ESDM Pastikan Stok BBM di Sumatera Aman Saat Lebaran

Jefris Santama - detikFinance
Wamen ESDM Pastikan Stok BBM di Sumatera Aman Saat Lebaran Foto: Jefris Santama
Medan - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meninjau Terminal BBM Medan Group di Labuhan Deli, Sumatera Utara (Sumut). Kedatangannya kali ini untuk memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dalam blusukannya di lokasi, Senin (19/6/2017), Arcandra mengungkapkan kebutuhan BBM sejauh ini tercukupi.

"Persediaan BBM cukup H-7 (hingga) H+7 (lebaran) diperkirakan puncak kebutuhan BBM di wilayah Sumatera," katanya.

"Sampai saat ini bisa diantisipasi Pertamina," tambah Arcandra.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pertamina, M Iskandar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi dalam memenuhi kebutuhan BBM.

"Kami telah menyiagakan 16 kantong SPBU dan 3 Posko Mudik Serambi Pertamax serta menyiapkan kiosk-kiosk Pertamax untuk memenuhi kebutuhan BBM kemasan bagi para pemudik di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau", ujarnya.

Pertamina MOR I memprediksi penyaluran selama satgas Ramadan dan Idul Fitri 1438H untuk produk Premium di wilayah Sumbagut akan naik sebesar 1% dari penyaluran normal sebesar 7.212 KL menjadi 7.266 KL.

Sedangkan untuk Pertalite akan naik sebesar 19% dari penyaluran normal sebesar 4.080 KL menjadi 4.852 KL. Produk Pertamax dan Pertamax Turbo diprediksi juga akan naik sebear 23% yaitu dari penyaluran normal sebesar 755 KL menjadi 931 KL. Untuk produk Solar/Biosolar akan mengalami penurunan sebesar 3% yaitu dari 6.429 KL menjadi 6.254 KL.

Untuk Sumatera Utara, pasokan BBM ke masyarakat disuplai dari 5 terminal BBM yang terdiri dari TBBM Medan Group, TBBM Kisaran, TBBM Siantar, TBBM G Sitoli, TBBM Sibolga melalui 319 SPBU. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed