Follow detikFinance
Kamis 24 Aug 2017, 10:43 WIB

Cikal Bakal 'SPBU' Mobil Listrik

Maikel Jefriando - detikFinance
Cikal Bakal SPBU Mobil Listrik Foto: Citra Fitri Mardiana
Jakarta -

PT PLN (Persero) memperbanyak penyediaan infrastruktur pengisian Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di berbagai wilayah di Indonesia, terutama Jakarta. Fungsi SPLU akan serupa dengan SPBU yang mampu menjadi stasiun pengisian bahan bakar kendaraan listrik.

Menurut data PLN, hingga Juli 2017 terdapat 542 SPLU di seluruh Jakarta, dan akan meningkat menjadi 1.000 SPLU pada akhir tahun ini.

detikFinance, Kamis (24/8/2017), mendatangi langsung salah satu SPLU di Jakarta. Terdapat satu SPLU terpasang di Jalan Tebet Utara, Jakarta Selatan. SPLU tepat terpasang di salah satu tiang listrik.

Cikal Bakal 'SPBU' Mobil ListrikCikal Bakal 'SPBU' Mobil Listrik. Foto: Citra Fitri Mardiana

SPLU berwarna putih dengan garis biru bertuliskan Beji Lintar, memiliki tipe Hook 2 kWh yang dibuat tahun 2016. Didukung 4 stop kontak, lengkap dengan meteran digital untuk memasukkan token. Dari kondisi yang terlihat, SPLU nampak aktif dan bisa digunakan.

Meski demikian, sejak pagi tadi belum terlihat ada warga yang memanfaatkan SPLU tersebut.
Cikal Bakal 'SPBU' Mobil Listrik.Cikal Bakal 'SPBU' Mobil Listrik. Foto: Citra Fitri Mardiana

Seperti diketahui, SPLU mengadopsi sistem prabayar. Untuk dapat menggunakan SPLU tersebut, masyarakat hanya perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID Pelanggan yang tercantum di SPLU yang akan digunakan.

Tak hanya untuk pengisian kendaraan listrik, SPLU yang disediakan PLN tersebut juga mampu memberikan akses kepada para pedagang kaki lima atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kesulitan mendapat akses listrik secara legal. Hingga beberapa di antara mereka memaksa mendapatkan aliran listrik secara ilegal dengan melakukan tindakan pencurian yang mampu menimbulkan bahaya seperti tersengat listrik bahkan kebakaran. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed