Follow detikFinance
Senin 11 Sep 2017, 17:41 WIB

PLN: Gas dari Dalam Negeri Sudah Cukup, Buat Apa Impor?

Michael Agustinus - detikFinance
PLN: Gas dari Dalam Negeri Sudah Cukup, Buat Apa Impor? Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - PT PLN (Persero) mengungkapkan pasokan gas dari dalam negeri sudah mencukupi, pembangkit-pembangkit listrik tenaga gas tak kekurangan bahan bakar. Sejauh ini suplai dari dalam negeri masih sangat cukup.

Karena itu, PLN belum berpikir untuk impor gas. BUMN kelistrikan itu sekaligus membantah adanya kesepakatan impor gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) dengan Singapura.

"Kebutuhan gas kita sudah terpenuhi dari dalam negeri, ngapain kita impor?" kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Amir Rosidin, dalam diskusi di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Impor gas baru akan dipertimbangkan bila pemerintah dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan tidak bisa memenuhi kebutuhan PLN.

"Kecuali pemerintah dan SKK Migas menyatakan tidak bisa memenuhi, baru kita berpikir lain," ujar Amir.

Rata-rata harga gas pipa yang diperoleh PLN saat ini sekitar US$ 7/MMBTU ketika sampai di pembangkit listrik. Sedangkan untuk LNG, pemerintah telah menetapkan tak boleh lebih dari 14,5% Indonesian Crude Price (ICP). Ini diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 46 Tahun 2017.

Dengan harga minyak mentah sekarang di kisaran US$ 50/barel, maka harga LNG tak boleh lebih dari US$ 7,25/MMBTU sampai di PLN. "Rata-rata harga gas yang kita dapat dari pipa sekitar US$ 7/MMBTU. Untuk LNG dibatasi pemerintah 14,5% ICP, kita ikuti itu," Amir menuturkan.

Konsumsi gas PLN saat ini mencapai 1.100 billion british thermal unit per day (BBTUD). Dari total kapasitas pembangkit listrik sebesar 55.000 MW, 25% berasal dari pembangkit gas.

"Sekarang 25% listrik PLN dari pembangkit gas, 53% dari batu bara, sisanya air, panas bumi, dan sebagainya. Total kebutuhan gas 1.100 BBUTD," tutupnya. (mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed