Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 10:15 WIB

Jonan: Dalam 10 Bulan Sudah Ada 700 MW Energi Terbarukan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jonan: Dalam 10 Bulan Sudah Ada 700 MW Energi Terbarukan Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Pemerintah mendorong penuh pemanfaatan energi baru terbarukan di Indonesia dalam rangka menciptakan ketahanan energi di masa depan. Hal ini dibuktikan dengan menargetkan komitmen bauran energi terbarukan sebesar 23% hingga tahun 2025 mendatang.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengaku telah membuktikan komitmen tersebut dengan disepakatinya pemanfaatan energi terbarukan dalam 10 bulan kepemimpinannya sebesar 700 MW. Jumlah tersebut kata dia cukup besar, dan tidak lebih sedikit dari para Menteri ESDM pendahulunya.

"Saya bersyukur, saya sudah 10 bulan lebih di Kementerian ESDM, saya dapat laporan selama 10 bulan, sudah ada 700 MW renewable energy di bidang kelistrikan yang ditandatangani. Saya kira dengan segala hormat kepada pendahulu saya, saya kira enggak ada yang bisa sampai 700 MW dalam 10 bulan," katanya dalam sambutan pada acara pembukaan 6th IndoEBTKE ConEx di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Menurutnya, realisasi ini bahkan bisa lebih besar jika proses menuju realisasi bisa dipersingkat, tak banyak berpindah tangan dan konsolidasi seperti dulu.

"Kalau PLN tidak pakai surat dulu untuk mengajukan usulan, rapat di Bogor, rapat lagi di Bali, terus ke Batam, rapat lagi di kantor PLN, enggak ada," ungkapnya.

Dengan alur yang lebih sederhana, Jonan mengaku percaya diri bisa menciptakan komitmen pemanfaatan energi terbarukan lebih besar lagi. Bahkan hingga angka 3.000 MW sampai 2019 nanti.

"Pemerintah akan berusaha supaya dalam waktu sangat singkat, persetujuan itu diberikan. Sehingga bisa cepat. Untuk di geothermal, selama saya sepuluh bulan ada yang COD dan sebagainya itu 300 MW. Jadi total 1.000 MW. Kalau saya dikasih kesempatan sampai 2019, saya yakin 3.000 MW bisa jalan," tukasnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed