Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Okt 2017 12:22 WIB

Aksi Jonan Meliuk-liuk Pakai Motor Listrik Buatan Mahasiswa ITS

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Muhammad Idris/detikFinance Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Pandangan semua pasang mata tertuju pada pria berhelm hitam yang meliuk-liuk lincah dengan motornya di pelataran Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Begitu tancap gas, tangan kanan dengan cekatan menaik-turunkan transmisi untuk mengatur kecepatan.

Sang pengendara, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, menahan kecepatan motornya rata-rata 10 km/jam, dengan sesekali menarik gas hingga untuk menambah kecepatan begitu selesai memutari tikungan. Matanya sesekali menengok ke sebuah smartphone yang terpasang di kemudi yang juga berfungsi sebagai speedometer.

Awak media yang membawa kamera pun kewalahan lantaran harus berlari-lari mengikuti kemana Jonan akan berbelok. Hampir tak ada suara mesin yang terdengar dari motor bermerk Gesits tersebut.

Usai memutari 3 putaran mengelilingi halaman depan, Jonan berhenti tepat di lobi Gedung Heritage. Itulah aksi yang dilakukan mantan Dirut PT KAI ini saat menjajal prototype motor bertenaga listrik Gesits besutan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

"Enak sekali ini akselerasinya, mulus. Kalau motor bahan bakar kan pakai RON, akselerasi makan waktu, karena ada konversi energi. Kalau ini enggak, dari listrik langsung ke motor penggerak," ucap Jonan yang masih berada di atas tungganganya, Kamis (19/10/2017).

Seperti diketahui, Gesits sendiri merupakan kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Sepeda motor Iistrik pertama buatan nasional ini sepenuhnya dibangun dan dikembangkan oleh kelompok mahasiswa ITS yang dipimpin oleh Nur Yuniarto, dengan dukungan dari Garansindo dan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan.
Aksi Jonan Meliuk-liuk Pakai Motor Listrik Buatan Mahasiswa ITSFoto: Muhammad Idris/detikFinance

Gesits diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi. Berbentuk skuter, Gesits mengaplikasi motor elektrik berdaya 5 kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3000 rpm.

Untuk menggerakkan motor elektriknya Gesits dibekali baterai lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.

Hanya dibutuhkan waktu maksimal 3 jam untuk mengisi ulang energi pada baterai Gesits. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh, motor ini mampu menempuh jarak 80-100 km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 km/jam.

Aksi Jonan Meliuk-liuk Pakai Motor Listrik Buatan Mahasiswa ITSFoto: Muhammad Idris/detikFinance
(idr/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed