Follow detikFinance
Selasa 05 Dec 2017, 16:10 WIB

Golongan Listrik Ada yang Dihapus, Jonan Pastikan Tarif Tak Naik

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Golongan Listrik Ada yang Dihapus, Jonan Pastikan Tarif Tak Naik Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Golongan pelanggan listrik rumah tangga non subsidi dari 1.300-4.400 VA rencananya disederhanakan ke golongan 5.500 VA. Aksi korporasi PLN ini juga belum dipastikan dimulai kapan.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan, tarif listrik dengan dilakukannya penyederhanaan golongan listrik ke 5.500 VA tidak mengalami kenaikan. Pasalnya, penyesuaian tarif listrik perlu persetujuan Komisi VII DPR RI terlebih dahulu.

"Tarif naik atau tidak naik diatur bapak-bapak di depan saya (Komisi VII), bukan diatur saya. Enggak mungkin kenaikan tarif listrik tanpa persetujuan," kata Jonan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (5/12/2017).


Penyederhanaan golongan pelanggan listrik dari 1.300-4.400 VA menjadi 5.500 VA tidak dikenakan biaya sepersen pun. Biaya penggantian MCB diberikan gratis dan abonemen yang sama dengan golongan listrik sebelumnya, pelanggan pun diberikan kebebasan untuk ikut penyederhanaan atau tidak.

Jika rencana ini berjalan juga tidak serentak di seluruh pelanggan 1.300-4.400 VA langsung beralih ke 5.500 VA. Peralihan pelamggan diperkirakan bertahap mempertimbangkan pasokan listrik.

"Jadi ini hanya diskusi testing the water apakah masyarakat bisa terima atau tidak," tutur Jonan.

(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed