Follow detikFinance
Kamis, 11 Jan 2018 16:15 WIB

Bagaimana Kesiapan Pasokan Listrik Asian Games 2018 di Jakarta?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tahun ini menjadi momen penting bagi PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) untuk menjadi bagian dari sejarah bangsa dalam perhelatan Olahraga terbesar di benua Asia, yakni Asian games 2018 yang akan di gelar pada bulan Agustus nanti.

Khusus untuk menyambut gelaran tersebut, PLN Disjaya tengah pada pekerjaan boring dan kabel bawah tanah dengan menggunakan mesin boring HDD (Horisontal Direct Drilling) serta tidak lupa alat-alat Kelamatan Kerja K2K3.


Karena pada tahun 2016 disjaya melaunch alat boring HDD yang merupakan pertama di PLN untuk pekerjaan pengeboran kabel bawah tanah.

PLN Disjaya menginvestasikan biaya kurang lebih Rp 250 miliar dengan pekerjaan Boring jaringan sepanjang 150 Kms. Mesin HDD merupakan mesin boring bawah tanah secara horizontal yang dapat di kendalikan, untuk penanaman pipa HDPE, sebagai saluran kabel XLPE.

Keunggulan penggunaan mesin HDD adalah untuk memudahkan dalam gelar kabel Tegangan Menengah (TM). Juga mempermudah proses penarikan kabel dari satu titik ke titik lainnya (entry & exit).

Sedangkan untuk pipanya menggunakan Pipa HDPE (high density polyethylene) yang merupakan pipa elastis, lentur, kuat terhadap tekanan, mengikuti pergerakan tanah, yang digunakan sebagai jalur masuknya kabel dan melindungi kabel XLPE tersebut dari tekanan tanah.

Sehingga pasokan listrik selalu terjaga dengan handal karena Mesin HDD mampu mengebor hingga jarak 300 m tanpa merusak fsilitas di atasnya.

"Kami siap dan full suport untuk keandalan pasokan energi listrik ASIAN games," Ungkap M.Ikhsan Asaad General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) dalam keterangan tertulis, Kamis (11/1/2017). (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed