Follow detikFinance
Selasa, 13 Mar 2018 16:14 WIB

Ke Paris Hingga AS, Arcandra Tawarkan Pengelolaan Blok Migas RI

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok PLN Foto: Dok PLN
Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar minggu lalu melakukan kunjungan kerja ke Paris dan Houston, Amerika Serikat (AS). Salah satunya dalam rangka mengundang investasi dari negara lain untuk masuk ke Indonesia, khususnya di sektor Migas.

"Di Houston agak padat. Pertama Kementerian ESDM pro aktif tawarkan WK (wilayah kerja) Migas. Ini sudah kita umumkan lelangnya," ujar Arcandra di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).

Selain itu, dirinya juga menyempatkan diri berkunjung ke perusahaan minyak di Houston. Tak lupa, Arcandra turut memperkenalkan aturan baru pemerintah di sektor Migas, yakni gross split.

"Sosialisasi gross split ke kantor pusat perusahaan minyak di Houston. Kita juga sosialisasi aturan untuk percepat proses bisnis yang ada," ujarnya.


Dalam kunjungan kerjanya ke luar negeri, Arcandra juga mendatangi British Petroleum (BP), salah satu perusahaan minyak bumi berskala internasional.

"Saya berkesempatan berkunjung ke BP bertemu CEO William Lin. BP ikuti perkembangan di Indonesia terutama lelang 26 blok WK. Mereka sangat mendukung gross split," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengunjungi perusahaan lainnya, yakni Chevron dan Exxon Mobil. Tujuannya sama, untuk mengundang minat mereka berinvestasi di Indonesia. Kata Arcandra, mereka pun menyambut baik aturan soal gross split.

"Kemudian Exxon Mobil. Dia sangat apresiasi pemerintah dalam hal menarik investasi," terangnya.


Sementara di Paris, Arcandra tak hanya memantau perusahaan asing. Di sana dirinya juga memastikan keberlangsungan saham milik PT Pertamina (Persero) yang punya saham di Maurel & Prom

"Saya melihat head office dari Maurel & Prom. Pertamina cukup punya saham yang besar. Beberapa lapangan kerja mereka. Kemudian mendengarkan rencana Maurel & Prom kedepan. Secara garis besar cukup bisa dimengerti, dan apa yang mereka rencanakan bisa direalisasikan tahun depan," tambahnya.

Kunjungan kerja ini merupakan rangkaian kunjungannya ke tiga tempat, yakni Paris, Houston, dan Aljir di Aljazair. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed