Follow detikFinance
Rabu, 02 Mei 2018 11:28 WIB

Jokowi Minta Bus Listrik di Jakarta, Ini Penampakannya di China

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Bus listrik di China.Foto: Feby Dwi Sutianto Bus listrik di China.Foto: Feby Dwi Sutianto
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno menyediakan bus listrik. Kendaraan ramah lingkungan ini sudah banyak digunakan di China.

detikFinance pernah mengulas bus listrik di China pada September 2017 lalu. Bahkan tidak hanya bus, mobil pribadi hingga taksi bertenaga listrik mudah dijumpai di jalan Kota Xiamen, Provinsi Fujian, China.


Bus-bus kota berbasis energi listrik melayani pergerakan warga Xiamen yang mencapai 3.9 juta jiwa. Ratusan bus listrik yang berwarna dominan biru muda ini, melengkapi keberadaan bus ramah lingkungan yang berbahan bakar LNG (Liquefied Natural Gas) dan bus hybrid yang berbahan bakar listrik dan gas.

Bus-bus listrik merek lokal yang berada di pool bus Baicheng ini dioperasikan sejak awal Agustus 2017. Bus ini murni 100% menggunakan listrik karena sebelumnya, terdapat bus hybrid yang mengombinasikan antara bahan bakar gas dan listrik.

Jokowi Minta Bus Listrik di Jakarta, Ini Penampakannya di ChinaFoto: Feby Dwi Sutianto

Bus listrik ini juga memiliki keunggulan yaitu ramah lingkungan dan tidak bising. Bus ini yang dirancang low deck atau rendah ini dilengkapi dengan beberapa CCTV dan mesin pembayaran berbasis kartu.

Proses pengisian listrik ke bus dilakukan oleh pengemudi, caranya dengan memasang charger ke bus dan pengemudi menuju mesin kontrol untuk memulai pengisian daya. Jika sudah terisi penuh, bus bisa beroperasi selama enam jam tanpa henti.


Tonton juga video tentang "Jokowi 'Nyolek' Minta Bus Listrik, Sandi Langsung Kontak TransJ" (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed