Follow detikFinance
Rabu, 02 Mei 2018 12:46 WIB

Diminta Jokowi Siapkan Bus Listrik, Sandi: Asian Games Ada

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Muhammad Fida Foto: Muhammad Fida
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ada bus listrik di DKI Jakarta agar tak kalah dari China. Merespons permintaan Jokowi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menuruti permintaan tersebut.

"Langsung dijalanin, Pak Presiden perintah. Saya sampaikan kita langsung order untuk pilot project dan Pak Presiden bilang dicoba dulu," kata Sandi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Seperti kota Shenzhen di China yang bisa mengubah seluruh bus berbahan bakar konvensional ke listrik, Sandi mengatakan DKI Jakarta juga bisa walaupun membutuhkan proses.

"Kalau Shenzhen saja bisa 100% kenapa kita nggak, gitu," sebutnya.


Pemprov DKI Jakarta, kata Sandi, akan menyiapkan pilot project yang dalam tahap awal melayani rute-rute utama TransJakarta di ibu kota, sambil menyiapkan prasarana pendukungnya.

"Saya instruksi ke TransJakarta langsung ke CEO-nya TransJakarta," lanjut Sandi.

Dalam waktu dekat diharapkan bus listrik bisa segera beroperasi, paling tidak saat Asian Games 2018 berlangsung. Artinya, operasi bus listrik di Jakarta bisa terwujud di tahun ini.

"Kita ingin kalau bisa tahun ini. Alangkah baiknya pas Asian Games ada satu showcase," ujarnya.


Dia menambahkan ada sejumlah hal yang menjadi tantangan dalam menghadirkan bus listrik di Jakarta, antara lain stasiun pengisian daya listrik, teknologi, hingga kesiapan sumber daya manusia (SDM).

"Biasanya berkaitan dengan sparepart, berkaitan dengan stasiun isi (pengisian bahan bakar listrik), berkaitan dengan kesiapan teknologi, dan SDM, itu biasanya, tapi kita bilang ini perintah langsung dari Presiden," jelasnya.


Tonton juga video tengang "Jokowi Minta Bus Listrik"

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed