Follow detikFinance
Rabu, 16 Mei 2018 16:12 WIB

Pertamina Siapkan 200 Motor Angkut BBM Saat Mudik Lebaran

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: dok. Pertamina Foto: dok. Pertamina
Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyiapkan sejumlah strategi untuk memenuhi bahan bakar minyak (BBM) selama Ramadan dan Lebaran. Selain mengandalkan SPBU yang sudah ada, Pertamina akan mendistribusikan BBM melalui penjualan kemasan hingga melalui sepeda motor.

Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo mengatakan, Pertamina menyediakan Kiosk Pertamax yang menjual Pertamax dan Dex kemasan disepanjang jalur mudik. Ada 60 titik di sepanjang jalur mudik Sumatera dan Jawa.


Kemudian, Pertamina menyediakan mobile dispenser untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM di lokasi non SPBU di 16 titik jalur tol.

"Pertamina juga akan menyediakan BBM melalui sarana lain, di rest area di tol terutama rest area yang belum ada SPBU-nya," kata dia di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Kemudian, Pertamina akan menyediakan 200 sepeda motor untuk mengantisipasi pemudik yang kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Sepeda motor tersebut tersebut akan beroperasi di sepanjang jalur mudik Jawa dan Sumatera.

"Menyediakan 200 motor satgas yang akan membawa produk-produk bahan bakar dalam kemasan yang akan beroperasi di sepanjang jalur-jalur tol, yang diperkirakan akan mengalami stuck. Periode lalu stuck di Brexit namun Alhamdulillah bisa terurai bisa kita antisipasi kecukupan bahan bakarnya dengan adanya sepeda motor, yang bergerak mendatangi area kemacetan," terangnya.


Lebih rinci, untuk Tol Jawa akan tersedia Kiosk Kemasan Pertamax di 20 titik, mobile dispenser di 16 titik, dan motor kemasan 40 unit. Lalu, untuk di Tol Sumatera ada Kiosk Kemasan Pertamax di 6 titik.

Sementara itu, di jalur non Tol Jawa terdapat 12 titik Kiosk Kemasan Pertamax dan 160 unit motor kemasan. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed