571 SPBU di Jawa dan Bali Jual Premium Lagi Sebelum Lebaran

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 23 Mei 2018 15:49 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto menyampaikan ada 571 SPBU di Jawa, Madura, dan Bali yang akan kembali menyalurkan BBM jenis Premium. Sebelum Lebaran, 571 SPBU ini siap menyalurkan Premium.

Hal ini berkaitan dengan Revisi Perpres No. 191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak yang akan segera terbit.

"Begitu Perpres diteken, besoknya sudah bisa berganti dengan Premium lagi tangki-tangki di 571 (SPBU) itu," katanya saat ditemui di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (23/5/2018).


Agar 571 SPBU ini siap kembali menyalurkan BBM jenis Premium, Perpres 191 pun ditargetkan bisa segera disahkan dalam waktu dekat.

"Oh iya dong (ini untuk kesiapan Lebaran). Mudah-mudahan (Perpresnya) minggu-minggu ini diteken," sebutnya.

Dirinya memastikan, kembalinya SPBU-SPBU tersebut menyuplai Premium tidak akan mengganggu pendistribusian Pertalite di masing-masing SPBU.

"Jadi gini, kan selain 571 itu, tangkinya sudah diisi dengan Pertalite. Nah yang 571 ini sudah siap, sudah siap. Begitu ada Perpres turun, Kepmen (keputusan menteri) turun, sudah, Pertamina sudah bisa kirim ke tangki tangki ini. Kita sudah siapkan," paparnya.


"Jadi sudah bisa segera. Kalau yang lainnya secara bertahap. Kalau memang SPBU siap ya kita bisa juga," tambahnya. (ara/ara)