Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Mei 2018 20:45 WIB

50 SPBU Pertamina di Pantura akan Layani Transaksi Non Tunai

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Michael Agustinus Foto: Michael Agustinus
Jakarta - PT Pertamina (Persero) bakal uji coba layanan transaksi non tunai pada 50 SPBU yang tersebar di Jalur Pantura. Uji coba bakal dilakukan 2 minggu jelang Lebaran.

"Uji coba nanti di 50 SPBU di Pantura. (Uji coba) jalur Pantura, mulai 2 minggu sebelum Lebaran," kata Direktur Pemasaran Retail Pertamina Masud Hamid ditemui di Komplek DPR, Jakarta, Rabu (23/5/2018).


Layanan transaksi secara cashless ini pun melibatkan sejumlah badan usaha milik negara (BUMN). Nantinya pembayaran bisa menggunakan uang elektronik yang dikeluarkan bank-bank milik negara.

"Sekarang kita juga sudah ujicoba dengan Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), dengan TCASH-nya Telkomsel, sehingga ke depannya seiiring dengan tuntutan market layanan non tunai ini akan makin favorit," lanjutnya.

Proses pemasangan fasilitas pendukung layanan non tunai pun sudah mulai dikerjakan. Diharapkan dengan layanan ini akan memudahkan pemudik yang tidak menyiapkan uang tunai.


"SPBU non tunai itu gini, kan sekarang eranya digital, ya, nggak semua masyarakat pegang uang tunai. Transaksi non tunai juga sudah mulai growth-nya tinggi. Bahkan estimasi tahun ini transaksi non tunai itu hampir Rp 300 triliun untuk semua layanan non tunai," jelasnya.

SPBU yang diuji coba melayani transaksi non tunai pun tetap melayani pembayaran dengan uang cash.

"Nah Pertamina ingin melayani customernya mulai dari, kalau SPBU ada 5-10 line, mungkin 2 line dulu bisa dilayani non tunai," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed