Follow detikFinance
Jumat, 06 Jul 2018 22:30 WIB

Sumur-sumur Tua Bikin Target Lifting Minyak Meleset

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi/Foto: Rengga Sancaya Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi lifting minyak semester I 2018 ialah 771.000 barel minyak per hari, masih di bawah target 800.000 barel/hari.

Kontribusi lifting tersebut salah satunya dari anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP 70.031 barel/hari dan Pertamina Hulu Energi ONWJ Ltd 30.489 barel/hari.


Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi menjelaskan lifting minyak yang tak capai target itu karena sumur minyak tua.

"Masalah beda-beda, tapi sebagai perusahaan besar, ini masalah data tidak lengkap karena banyak sumur tua," kata Amien di Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Selain itu, dia menuturkan, tidak tercapainya target karena ditopang masalah manajerial, sehingga, kinerja lifting menjadi tidak optimal.


"Dari diskusi-diskusi sudah ditanyakan oleh kami apa problem di sana. Karena dalam suatu perusahaan instruksi direksi tidak dilaksanakan di bawah jadi masalah. Ini yang banyak terjadi di sana. Lebih ke personelnya itu masalahnya, direksi oke tapi ke bawah tidak sepenuhnya jalan," jelas Amien.

Sebagai informasi, APBN 2018 menargetkan lifting migas tahun ini mencapai 2 juta barel setara minyak (BOEPD). Namun, realisasi sampai Juni baru bisa mencapai 1,923 juta BOEPD atau 96% dari target. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed