Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 11:53 WIB

Kesepakatan Pembelian Saham Freeport Diteken Sore Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menggelar konferensi pers sore nanti pukul 16.00 WIB. Dari agenda Kemenkeu, konferensi pers ini terkait dengan penandatangan head of agreement dengan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Apakah perundingan dengan Freeport soal akuisisi 51% saham sudah rampung?

Ditanya perihal tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Nufransa Wira Sakti tak memberikan keterangan secara detail. Dia hanya bilang, keterangan lebih detail akan dipaparkan sore nanti saat jumpa pers.

"Penjelasan detail nanti saat preskon (press conference) ya," kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Kamis (12/7/2018).


Saksikan juga video 'Divestasi Saham Freeport Selesai Akhir Juli':

[Gambas:Video 20detik]



Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno berharap, hal itu terkait dengan kesepakatan akuisisi saham PTFI.

"Amin, semoga ya," katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno menyebutkan, nilai akuisisi saham PTFI berada di kisaran US$ 3-4 miliar atau sekitar Rp 56 triliun (kurs Rp 14.000). Rini mengatakan, angka tersebut merupakan final yang didiskusikan bersama dengan Bos besar Freeport McMoran Richard Adkerson.

"Nilai final negosiasi terakhir 3 hampir 4 antara US$ 3,5 ke US$ 4 miliar ini masih finalisasi, kita sudah anggap," kata Rini di kediamannya, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).


Rini menegaskan, angka valuasi itu pun sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lanjut dia, proses yang harus diselesaikan adalah pengaturan administrasi serta detail perjanjian yang disepakati kedua belah pihak. Antara lain stabilisasi investasi, dan joint venture pengelolaan tambang.

"Jadi joint venture agrement itu jadi krusial karena dari mereka juga ingin menjaga supaya tetap menjaga sama kita ingin joint venture dikelola secara transparan secara profesional dari sanannya juga menekankan bagaimana menjaga supaya tidak mengintrevensi pemerintah bener dikelola secara terbuka," ungkap dia.

Kesepakatan Pembelian Saham Freeport Diteken Sore Ini
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed