Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Jul 2018 18:13 WIB

Soal Divestasi 51% Saham Freeport, Jonan: Ini Akuisisi Untung

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan/Foto: Lamhot Aritonang Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menjelaskan soal akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) saat rapat dengan Komisi VII DPR RI. Jonan mengatakan bahwa ini merupakan keuntungan bagi Indonesia.

"Pandangan pribadi, ini untung. Kenapa? Ini diakuisisi untung," kata Jonan di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis (19/7/2018).


Keuntungan yang dimaksud Jonan, salah satunya adalah produksi tembaga yang dihasilkan dari tambang Freeport Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai komponen mobil listrik.

"Kaitannya sama mobil listrik misalnya, nah kalau masif, maka pemantiknya musti pakai tembaga. Nah, ini bisa ambil ini loh. Nah, nilai copper ini besar. Dua tiga tahun terakhir, nilai cooper ini naik," jelas Jonan.


Dalam keterangannya beberapa hari lalu, Jonan mengatakan program mobil listrik akan terus dijalankan dengan melibatkan institusi-institusi terkait. Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan.

"Program pengembangan mobil listrik ini suka atau tidak suka pasti jalan, pasti jalan. Pemerintah tidak punya keinginan menghambat pengembangan mobil listrik sama sekali, malah kita dorong, rancangan Peraturan Presidennya sudah disiapkan," kata Jonan. (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed