Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Jul 2018 21:21 WIB

Pertamina Mau Jual Aset, Rini: Itu Korporasi, Punya Aset Banyak

Trio Hamdani - detikFinance
Menteri BUMN Rini Soemarno/Foto: Lamhot Aritonang Menteri BUMN Rini Soemarno/Foto: Lamhot Aritonang
FOKUS BERITA Pertamina Jual Aset
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tak mempermasalahkan rencana PT Pertamina (Persero) menjual sebagian aset. Apalagi, kata Rini, Pertamina punya banyak aset.

Surat yang sudah beredar terkait penjualan aset itu berjudul Persetujuan Prinsip Aksi Korporasi untuk Mempertahankan Kondisi Keuangan PT Pertamina (Persero), dirilis 29 Juni 2018.


"Pertamina itu korporasi, Pertamina itu punya aset banyak," kata Rini ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Kata Rini, sebagai korporasi, Pertamina diberikan fleksibilitas untuk mempertimbangkan penjualan aset dengan tujuan menjaga kesehatan keuangan perseroan.


"Seperti yang saya katakan di surat itu bahwa kita memberikan fleksibilitas kepada direksi Pertamina untuk melihat, untuk mungkin bisa menurunkan kepemilikannya, untuk kepentingan makin memperkuat neraca keuangan Pertamina," jelasnya.

Rini juga menekankan, sekalipun Pertamina menjual sebagian asetnya, bukan berarti mereka kehilangan kontrol atas aset tersebut.


"Itu ditekankan betul bahwa kontrolnya tetap harus tetap ada di Pertamina, satu. Kedua bahwa proses penjualannya harus good corporate governance (GCG) dan transparan. Itu aksi korporasi biasa. Kalau korporasi tidak boleh jual beli (aset) kan aneh," tambahnya. (hns/hns)
FOKUS BERITA Pertamina Jual Aset
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com