Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Jul 2018 08:14 WIB

Keuangan Pertamina Seret Gara-gara Tahan Harga BBM?

Danang Sugianto - detikFinance
Halaman 1 dari 6
Demo menolak penjualan aset Pertamina. Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance Demo menolak penjualan aset Pertamina. Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
FOKUS BERITA Pertamina Jual Aset
Jakarta - Beberapa hari yang lalu beredar kabar PT Pertamina (Persero) berniat menjual hak partisipasi di beberapa asetnya. Isu itu semakin jelas ketika surat Menteri BUMN Rini Soemarno bocor ke publik.

Untuk bisa melakukan penjualan hak partisipasi itu, Pertamina tentu harus meminta izin kepada Rini selaku wakil pemerintah yang memegang penuh saham perseroan. Surat itu pun berisi tentang pemberian restu oleh Rini kepada Pertamina.

Kabar ini pun menuai kontroversi. Bahkan ribuan pekerja yang tergabung dalam FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu) melakukan aksi demo untuk menolak rencana itu.

Pemerintah pun menegaskan bahwa restu itu diberikan demi memastikan keuangan BUMN migas itu tetap sehat. Meskipun perusahaan pelat merah ini sering mendapatkan tugas berat dari pemerintah seperti menahan kenaikan harga BBM.

Pemerintah juga mengaku sudah menyiapkan strategi untuk menyelamatkan keuangan pertamina. Namun hal itu masih dirahasiakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmimn Nasution.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed