Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Agu 2018 23:00 WIB

Insentif Pajak untuk Saudi Aramco Garap Kilang Cilacap Disiapkan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memanggil Plt Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widayanti. Materi yang dibahas soal rencana Saudi Aramco untuk menggarap kilang Cilacap.

Hingga saat ini belum ada respons kesiapan dari Saudi Aramco. Selain itu, menurut Darmin, pihak Saudi Aramco juga menanyakan soal insentif pajak untuk menggarap kilang minyak Cilacap.

"Sebetulnya tadinya itu kan memang Saudi Aramco minta kejelasan fasilitas pajak, dan sudah dijawab oke dapat karena masih masuk sebagai kriteria industri pionir," kata Darmin di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (21/8/2018).


Kini, kata Darmin, saatnya Pertamina menyiapkan segala sesuatu yang mendukung rencana Saudi Aramco proyek kilang Cilacap.

"Jadi itu sementara memang ada hal-hal yang diminta oleh Pertamina, persiapan. Tapi kalau fasilitas pajak itu sudah diberi tahu dan mereka sudah tahu. Sekarang tinggal minta kejelasannya kapan siap," terang Darmin.

Ditemui usai rapat, Nicke menjelaskan Pertamina sedang menyiapkan aturan untuk mendukung rencana tersebut.


"Soal kilang untuk Cilacap. Ada beberapa hal yang perlu kita support dari pemerintahan ada PMK untuk spin off, kemudian ada revisi Perpres," jelas Nicke.

Sebagai informasi, perusahaan Saudi Aramco memang berminat menggarap proyek kilang Cilacap. Hal itu dikarenakan lokasi yang dianggap strategis membawa minyak melalui jalur laut.



Saksikan juga video 'Pertamina Rayu Azerbaijan Investasi Kilang Minyak di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed