Follow detikFinance
Kamis, 04 Okt 2018 19:27 WIB

PLN: 44% Listrik di Sulteng Sudah Pulih, Sisanya Pakai Genset

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Angga Aliya ZRF Foto: Angga Aliya ZRF
Palu - Kondisi ketenagalistrikan di Sulawesi Tengah (Sulteng) pasca gempa saat ini sudah mencapai 44%. Pemulihan pasokan listrik di lokasi terdampak dilakukan dengan cepat oleh PT PLN (Persero).

"Kalau dari sisi kelistrikan 44% sudah siap," ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN, Syamsul Huda di Palu, Kamis (4/10/2018).

Sedangkan daerah lainnya masih mengandalkan genset untuk pasokan listrik sehari-hari.

"Sisanya pakai genset untuk melistriki daerah-daerah yang masih gelap. Untuk listrik pakai jaringan PLN ada juga pakai genset supaya merata di seluruh Palu," tambah Syamsul.


Ia menjelaskan, saat gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9) lalu sebanyak 7 gardu induk (GI) padam. Kemudian dari 7 GI, sebanyak 2 GI bisa beroperasi dan menyalurkan listrik.

"Jadi pada waktu kejadian bencana ada 7 gardu induk padam. 2 nyala terus PLN kesulitan untuk Palu," kata Syamsul.

PLN pun tidak tinggal diam, perbaikan GI dilakukan agar pasokan listrik bisa kembali normal. Sementara perbaikan dilakukan, pasokan listrik dipenuhi dari sejumlah PLTD yang berkapasitas kecil.

"Sementara perbaikan sekarang pakai PLTD kecil karena PLTU andalan di sini PLTU Tawaeli tidak bisa diharapkan karena cerobongnya roboh, butuh waktu lama untuk recovery," tambah Syamsul.


Di sisi lain, pasokan listrik dari sisi selatan Sulawesi tidak bisa dilakukan karena belum terkoneksi. Rencananya, interkoneksi jaringan listrik Sulawesi akan diintegrasikan.

"Nanti ke depan akan diupayakan seperti Jawa Bali," kata Syamsul.

Syamsul menyampaikan, dari 7 GI yang ada, sebanyak 6 di antaranya sudah bisa beroperasi. Kemudian masih ada 1 unit GI yang belum bisa beroperasi yaitu GI Parigi.

"6 GI yang nyala Talise, Pamona, Poso, Sidera, Silae, dan Pasangkayu," tutur Syamsul.


Selain itu, ada 13 lokasi yang diminta agar pasokan listriknya bisa menyala. Dari 13 titik tersebut, masih ada dua yang belum teraliri listrik, yaitu, di Jalan Setiabudi dan Jalan DI Pandjaitan.

"Alhamdulillah dua saja yang belum teraliri listrik di jalan Setiabudi dan DI Pandjaitan," ujar Syamsul.

Kedua lokasi tersebut diupayakan agar secepatnya dialiri listrik untuk mengenjot perekonomian karena terdapat ATM, pasar, hingga toko. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed