Follow detikFinance
Kamis, 18 Okt 2018 19:20 WIB

Hingga Oktober, Penggunaan B20 di PLN Sudah 47%

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebutkan penggunaan biodiesel 20% (B20) hingga dengan Oktober telah mencapai 47%. Angka ini dicapai dari target sebanyak 304,773 kL.

Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko Abu Manan mengatakan realisasi penggunaan B20 telah tercapai sebanyak 142,246 kL.

Dengan angka tersebut, ia optimis hingga akhir tahun pelaksanaan B20 di PLN bisa mencapai 100% tercapai.

"Lihat data, artinya kemungkinan sampai Desember bisa tercapai lah (pelaksanaan 100%). Kan ini tinggal penyediannya," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/10/2018).


Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan pelaksanaan B20 masih mengalami kendala khususnya di bagian penyaluran dari pemasok.

Menurut dia, daerah yang paling terdampak kendala terletak di bagian Timur Indonesia. Namun kendala tersebut akan segera diatasi oleh Pertamina sebagai pemasok.

"Timur sih (paling banyak kendala). Transport kan di sana masalahnya," papar dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan pihaknya akan segera menyelesaikan aturan untuk sanksi kendala keterlambatan pengiriman B20 ke badan usaha.


Namun, hingga saat ini ia belum bisa menyebutkan waktu penyelesaiannya pengenaan sanksi sebesar Rp 6.000 per liter tersebut karena masih dalam tahap evalusi.

"Saya baru selesai bikin SOP sanksinya. Nanti mekanismenya nanti sesuai SOP. Bentar (waktu penyelesaiannya), masih kita evaluasi," pungkas dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed