Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Okt 2018 14:01 WIB

APBN Tetap OK Meski Tarif Listrik Tak Naik di 2019

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta - Kementerian Keuangan memastikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tetap 'OK' meskipun tarif listrik tidak naik sampai akhir 2019.

Hal itu diungkapkan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Askolani mengatakan, keputusan pemerintah yang mengusahakan tidak adanya kenaikan tarif listrik hingga akhir 2019 memang sudah tergambar di postur RAPBN tahun depan.

"Kebijakannya di RAPBN 2019 seperti itu," kata Askolani.

Sementara itu, Direktur Penyusunan APBN Ditjen Anggaran Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan fiskal pemerintah saat ini dalam kondisi sehat, aman, dan kredibel.

Kunta menuturkan, kebijakan tidak adanya kenaikan tarif listrik sampai akhir 2019 pun merupakan komitmen lanjutan pemerintah dari tahun sebelumnya.

"Kebijakan subsidi energi, termasuk listrik sama dengan tahun 2018. Nggak ada perubahan sampai saat ini," kata Kunta.


Pemerintah di tahun depan tetap mengalokasikan anggaran subsidi energi, baik untuk BBM, elpiji 3 kg, maupun untuk listrik. Biasanya, pemerintah juga akan membayarkan subsidi sesuai dengan realisasinya.

Jika realisasinya melebihi dari pagu yang ditetapkan, pemerintah tetap akan membayarkannya. Seperti yang selama ini dilakukan kepada PT Pertamina (Persero).

Dapat diketahui, pemerintah menjamin tarif listrik tidak naik hingga akhir 2019. Harga listrik bisa tidak naik karena harga energi untuk sebagian pembangkit sudah diatur.

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam acara 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Rabu (24/10/2018).

"Sampai akhir 2019 diusahakan tidak akan kenaikan tarif tenaga listrik," katanya.





Tonton juga 'Defisit Menurun, Menkeu: Manajemen Utang Kita Makin Hati-hati':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed