Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Okt 2018 16:07 WIB

Jurus PLN Jaga Keuangan karena Tarif Listrik Tidak Naik

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - PT PLN (Persero) memiliki beberapa jurus untuk menjaga kondisi keuangannya tetap sehat, usai pemerintah mengumumkan akan mengusahakan tidak ada kenaikan tarif listrik hingga akhir 2019.

Kepala Satuan Komunikasi Corporate PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) (Persero), I Made Suprateka mengatakan ada beberapa upaya yang dilakukan PLN, seperti efisiensi di beberapa sektor operasional.

"PLN melakukan berbagai efisiensi, contohnya misalnya efisiensi dengan melakukan zonasi daripada pengadaan batubara, lalu melakukan re-profiling daripada pinjaman-pinjaman, yang suku bunga pinjaman PLN yang tinggi dan jatuh tempo kota lunasi, diganti dengan pinjaman yang baru, di samping jangka waktu panjang suku bunganya rendah," kata Suprateka saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (25/10/2018).


Perkembangan ekonomi global yang penuh ketidakpastian juga memberikan dampak terhadap beberapa komponen produksi listrik PLN. Mulai dari harga minyak (ICP) naik, harga batu bara naik.

Suprateka mengatakan, hal itu masih bisa ditutup dengan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai bahan baku pembangkit listrik.

"Kalau digunakan dengan baik maka harga pokok listrik bisa terjaga, sehingga artinya kebijakan kenaikan harga jual listrik akan sesuai lah," jelas dia.

Suprateka mengungkapkan, PLN selalu mengedepankan mengenai akses listrik yang mudah dan harga yang terjangkau oleh masyarakat di Indonesia.

"Jadi PLN andai kata harga listrik di 2019 tidak naik, ya PLN tetap berjalan seperti itu," ungkap dia.





Tonton juga 'Penetapan Harga Batu Bara agar Tarif Listrik Tak Naik':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed