Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Nov 2018 15:56 WIB

Menteri ATR dan Bos Sinarmas ke Kantor Darmin Bahas Biodiesel 20%

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat terbatas (ratas) progres biodiesel 20% atau B20. Hadir dalam rapat ini antara lain Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil dan salah satu Bos Sinar Mas Group, Franky Widjaja

Sedangkan menteri lainnya yang diundang, seperti Menteri Perindustrian diwakili oleh Dirjen Industri Agro Achmad Sigit lalu Menteri Pertanian yang diwakili oleh Dirjen Perkebunan, Bambang.


Rapat terbatas ini membahas soal B20. B20 adalah program pemerintah untuk mengurangi penggunaan solar dengan menggunakan minyak nabati 20%.

Penggunaan B20 harus di upayakan untuk seluruh sektor, tanpa terkecuali. Program B20 mulai diimplementasikan sejak 1 September 2018. Hingga 7 November, tren impor solar tercatat turun bila dilihat secara harian.


Menurut catatan pemerintah penggunaan B20 membuahkan hasil. Setelah dimonitor, impor solar turun sejak program itu diimplementasikan.

"Tadi, saya lihat teman-teman di Bea Cukai bahwa impor harian turun 4.000 KL. Harian ya kalau dibandingkan antara 1 Januari sampai Agustus (2018)," kata Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).


Tonton juga 'Idrus Marham: Saya Mundur untuk Jaga Kehormatan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed