Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Nov 2018 11:52 WIB

Pakai Listrik Atap Bisa Hemat Tagihan Listrik 30%

Trio Hamdani - detikFinance
Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana/Foto: Ari Saputra Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pelanggan PLN akhirnya bisa menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap setelah Kementerian ESDM menerbitkan aturannya. Mereka bisa menghemat tagihan listrik hingga 30% dengan menggunakan PLTS atap.

"Minimal kita bisa berhemat 30%," kata Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

Pelanggan bisa berhemat lantaran kelebihan daya yang dihasilkan dari PLTS atap bisa diekspor ke PLN. Listrik yang berlebih itu disimpan ke jaringan PLN dan digunakan sebagai pemotongan biaya pada bulan selanjutnya. Dengan demikian tagihan listrik akan jauh lebih murah.


Yang perlu dicatat, daya listrik yang diekspor tidak dalam kapasitas yang sama. Misalnya yang diekspor sebesar 200 kWh, itu dikali 65%, yakni sebesar 130 kWh. Itu lah yang akan digunakan untuk mengurangi tagihan listrik.

Rida mengatakan, mengapa yang dihitung hanya 65% karena 35% digunakan untuk jasa penyimpanan daya listrik ke jaringan PLN.

"Yang diekspor ke PLN, 65%, kenapa? bahwa penyediaan listrik itu termasuk pembangkit sama transmisi. Masa pelanggan gunakan transmisi nggak bayar ke PLN. Ibaratnya buat nyimpan (listrik)," sebutnya.


Diberitakan sebelumnya, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Harris mengatakan, sebagian listrik yang diekspor bukan dinilai dengan uang.

"Kita ekspor ke PLN nanti bukan dinilai uang, tapi dalam bentuk kWh juga. Jadi itu yang diekspor itu disimpan untuk nanti mengurangi tagihan, ibarat deposit lah," jelasnya kepada detikFinance, Selasa (27/11/2018).


Tonton juga 'Begini Aturan Pemasangan Panel Surya Atap Rumah':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com