Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Des 2018 22:07 WIB

BP Bikin SPBU di RI, Kira-kira Bisa Dapat Untung Berapa?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Saifan Zaking
Jakarta - British Petroleum (BP) menjadi pemain baru dalam bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Bisnis ini dianggap menjanjikan keuntungan sejalan meningkatnya jumlah kelas menengah. Lantas, berapa keuntungan bikinSPBU?

Managing Director Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LM FE UI) Toto Pranoto mengatakan, investasi di SPBU sekitar Rp 5-8 miliar. Investasi tersebut salah satunya untuk lahan.

"Investasi bikin SPBU sekitar Rp 5 miliar - Rp 8 miliar. Asal lokasi strategis dan pelayanan prima," katanya kepada detikFinance, Senin (10/12/2018).


Berkaca pada SPBU PT Pertamina (Persero), dia bilang, setiap per liter penjualan ada keuntungan sebesar Rp 235. Jika sehari menjual 10.000 liter saja, maka keuntungan yang diperoleh Rp 2,3 juta per hari.

"Kalau nggak salah SPBU yang berstiker Pasti Pas dapat gross margin sekitar Rp 235 per liter . Kalau sehari bisa jual 10.000 liter saja, berarti paling tidak punya gross margin Rp 2,3 juta per day," ujarnya.

"Gross margin artinya belum dikurangi biaya operasional SPBU Rp 235 itu fee dari setiap liter bensin yang dijual," tambahnya.


Menurutnya, bisnis SPBU punya prospek menarik sejalan dengan meningkatnya penjualan kendaraan yang didorong kenaikan kelas menengah atas.

"Ya, bisnis ini sebetulnya menarik, karena pertumbuhan middle class yang memompa pertumbuhan kendaraan baru. Kalau BP berani masuk sektor ritel ini berarti ada pangsa pasar yang cukup menjanjikan," tutupnya.



(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com