Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Des 2018 12:50 WIB

PLN Berencana Gratiskan Tambah Daya Listrik Tahun Depan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT PLN (Persero) berencana menggratiskan biaya penambahan daya listrik tahun depan. Rencana ini sebelumnya sempat bergulir beberapa waktu lalu.

"Ada sih rencana seperti itu. Kita lihat cost benefit-nya seperti apa," kata EVP Corporate Communications dan CSR PT PLN (Persero) I Made Suprateka kepada detikFinance, Selasa (11/12/2018).


Ia meyakini rencana tersebut bisa direalisasikan tahun depan. Apalagi, beberapa proyek ketenagalistrikan 35.000 MW sudah ada yang selesai.

"Bisa pasti, gampang bisa terjadi, kan sekarang disesuaikan penyelesaian-penyelesaian 35.000 MW. Kalau itu sudah ada tambahan yang COD kita promoin lagi," ujar Made.

Digratiskannya biaya penambahan daya listrik diyakini tidak mengganggu keuangan perseroan. Pasalnya, biaya penambahan daya listrik bukan pendapatan utama PLN.

"Itu other income, income asli menerima penjualan kwh," tutur Made.


Dengan dibebaskannya biaya penambahan daya diharapkan produktivitas masyarakat bisa meningkat. Mereka yang menjadi pelaku UMKM bisa menambah produksi mereka.

"Misalnya punya produksi home industry, mereka tambah daya ada kebutuhannya kan, konsumsi peningkatan tambah kwh listrik dengan output yg lebih banyak," ujar Made.


Tonton juga 'PLN Pamerkan 439 Karya Inovasi di Ajang LIKE 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed