Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Des 2018 21:35 WIB

BP Buka SPBU, BPH Migas Beberkan Kebutuhan BBM RI

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Saifan Zaking Foto: Saifan Zaking
Jakarta - SPBU British Petroleum (BP). baru saja beroperasi pada 28 November 2018. Nantinya, SPBU ini akan bersaing dengan beberapa pemain lama seperti Pertamina, Shell, dan Total untuk memenuhi kebutuhan BBM di Indonesia.

Saat ini kebutuhan BBM di Indonesia sebanyak 1,6 juta kilo liter (kl) per hari masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar. Bahkan, 1 SPBU di Jakarta saja hanya mampu memenuhi kebutuhan di area seluas 35 kilometer (km) persegi.

"Penduduk Indonesia ini 250 juta jiwa, kita membutuhkan 1,6 juta kl per hari konsumsi BBM, dengan luas Indonesia yang luar biasa ini untuk rasio BBM di Jakarta itu 1 banding 35 km, jadi 1 SPBU di Jawa mengcover 35 km. Di luar Jawa antara Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan Papua 1 SPBU mengcover 500 km persegi," jelas Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa di Kantor BPH Migas, seperti ditulis Rabu (12/12/2018).


Bahkan dengan komitmen membuat BBM satu harga untuk wilayah pelosok di Indonesia saja hanya dapat memenuhi kebutuhan di area seluas 1.250 km persegi.

"Pemerintah punya komitmen BBM satu harga, itu 1 SPBU cuma cover 1.250 km persegi," ujarnya.

Jadi dengan masuknya SPBU BP ini menjadi tambahan untuk dapat mencakup kebutuhan BBM di beberapa wilayah. Ia menambahkan agar para pemain di pasar BBM ini dapat bersaing dengan baik.

"Jadi ini memang dibutuhkan, jadi silahkan kompetisi secara sehat," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com