Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Jan 2019 15:28 WIB

Izin Ekspor Freeport Habis Februari 2019

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ardhi Suryadhi Foto: Ardhi Suryadhi
Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, izin ekspor PT Freeport Indonesia (PTFI) akan habis pada Februari 2019. Saat ini, PTFI belum mengajukan izin ekspor yang baru.

"Pengajuan belum," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono di kantornya, Rabu (9/1/2019).

Direktur Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak menerangkan, izin ekspor PTFI akan habis pada Februari 2019. Dia bilang, PTFI masih menghabiskan izin ekspor yang lama.

"Jadi untuk Freeport habis itu kan Februari, namun memang sampai saat ini masih ada sisa yang kemarin dan belum diselesaikan," katanya.



Yunus mengatakan, Kementerian ESDM akan memberikan rekomendasi ekspor yang baru dengan beberapa pertimbangan. Sebutnya, terkait cadangan, rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB), serta kapasitas smelter.

"Tentunya kembali lagi saya secara umum saja, memang yang disampaikan Pak Dirjen rekomendasi SPE (surat persetujuan ekspor) itu keluar berdasarkan pertimbangan cadangan, base on RKAB yang diajukan, ketiga saya berdasarkan kapasitas produksi smelter itu sendiri," ujarnya.

Soal smelter, Bambang Gatot mengatakan, saat ini PTFI belum menentukan lokasi pembangunan yang baru.

"Untuk Freeport smelter dalam waktu dekat tentunya memutuskan itu karena tidak bisa menahan lama-lama, sampai saat ini masih lebih cenderung ke Gresik," ujarnya.

"Progresnya masih on track sesuai pada saat sebelumnya, mereka belum bisa fisik karena sekarang itu persiapan rekayasa desain, teknologi, setelah pembukaan tempatnya lebih cepat lagi," tutupnya.




Saksikan juga video '51% Saham Freeport Lunas, TKN: Memang Ada Kepentingan Politik':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com