Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Jan 2019 18:05 WIB

Jokowi: Kendaraan Listrik Hemat Rp 798 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetya/detikcom Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan implementasi kendaraan bermotor listrik mampu menghemat dana kurang lebih Rp 798 triliun.

Hal itu diungkapkan saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/1/2019).

"Melalui kendaraan bermotor listrik kita juga dapat mengurangi pemakaian BBM, mengurangi ketergantungan pada impor BBM yang berpotensi menghemat kurang lebih Rp 798 triliun," kata Jokowi.



Jokowi bilang, banyak negara di dunia ini berlomba-lomba menjadi yang paling unggul dalam mengembangkan kendaraan bermotor listrik.

"Karena motor listrik selain ramah lingkungan, juga mengurangi ketergantungan pada energi fosil," ujar dia.

Agar Indonesia juga mampu membangun industri kendaraan bermotor listrik terdapat beberapa hal yang mendorongnya, yaitu regulasi. Jokowi meminta beleid mengenai pengembangan kendaraan bermotor listrik segera disiapkan dan diselesaikan.

"Sehingga negara kita dapat beralih lebih cepat lagi menjadi pemain utama dalam kendaraan bermotor listrik," tegas Jokowi.

Selain iti, Mantan Wali Kota Solo ini juga meminta agar perencanaan dalam pembangunan kendaraan bermotor listrik dilakukan secara terpadu alias terintegrasi antar kementerian/lembaga.

Adapun, Jokowi juga minta bahwa dalam pengembangannya harua melibatkan swasta terutama dalam hal riset, inovasi, hingga penyediaan infrastrukturnya.

"Pengembangan kendaraan bermotor listrik harus kita gunakan sebagai momentum untuk penyiapan SDM Indonesia yang mampu menguasai teknologi terkini sekaligus digunakan sebagai penciptaan nilai tambah, efek multiplier melalui upaya memperbesar kandungan komponen dalam negeri," kata dia.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed