Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Jan 2019 11:22 WIB

Jonan ke PNS ESDM: Tetap Netral Jelang Pemilu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi Menteri ESDM. Foto: Dok. Kementerian ESDM Ilustrasi Menteri ESDM. Foto: Dok. Kementerian ESDM
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik 37 pejabat di lingkungan Kementerian ESDM kemarin, Senin (14/1/2019). Dalam arahannya, Jonan meminta agar pegawai negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral jelang pemilihan umum (Pemilu).

"Kita akan menjelang pemilu, semua aparatur sipil negara itu memiliki hak pilih, saya minta sikapnya tetap netral. Tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar sikap netral aparatur sipil negara," kata Jonan dikutip dari laman ESDM, Selasa (15/1/2019).

Jonan juga meminta agar PNS lebih pro aktif tidak hanya menunggu perintah. Kemudian, terus melahirkan inisiatif baru.

"Saya tetap menyarankan apa yang harus dilakukan oleh ASN adalah menerbitkan peraturan perundang-undangan serta tata kelola yang baik, dan bekerjalah secara pro aktif, jadi tidak hanya menunggu, tapi kita mengeluarkan inisiatif-inisiatif yang baru atau keinginan-keinginan untuk bisa bekerja lebih baik," terang Jonan.


Jonan menambahkan, seorang birokrat biasanya bekerja karena dua arah, pertama karena arahan pimpinan dan kedua karena kebutuhan masyarakat. Menurutnya, hal tersebut bisa dikerjakan bersamaan.

"Kalau kita bisa bekerja membantu masyarakat lebih baik, mudah-mudahan kehidupan bangsa dan negara akan membaik dan lebih cepat," tambah Jonan.

Selain itu, Jonan meminta agar dalam setiap pengambilan keputusan, selain menggunakan peraturan perundang-undangan sebagai payung hukum, juga menggunakan akal sehatnya dalam setiap mengambil keputusan agar dapat dipertanggungjawabkan secara logis.

"Bekerja itu disamping menggunakan peraturan perundang-undangan dan arahan pimpinan, juga gunakanlah akal sehat," tutup Jonan.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com