Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 19:35 WIB

Darmin Bidik Konsumsi B20 Capai 95% Bulan Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: askrindo Foto: askrindo
Jakarta - Pemerintah terus mendorong konsumsi bahan bakar solar campuran minyak kelapa sawit 20% atau biodiesel 20% (B20). Hal itu dilakukan demi menekan impor solar. Pemerintah menargetkan realisasi konsumsi B20 mendekati 100% di Februari.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, paling tidak bulan depan realisasinya bisa mencapai 96%.

"Kalau sampai bulan Febuari saya kira sudah akan bergerak pokoknya di atas 93%, mungkin 95-96%," kata Darmin di kantornya, Kamis (17/1/2019).


Sedangkan saat ini realisasinya berada di angka 90%. Namun sejak program ini diluncurkan di September, rata-rata realisasi B20 hingga Desember adalah 86%.

"Kalau 2018 rata rata agak rendah masih, tapi masih naik makin ke Desember. Secara rata rata 4 bulan itu (September-Desember) 86%. Tapi akhir Desember sudah mulai 90an persen," sebutnya.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah agar realisasi tersebut mendekati 100% dengan menyiapkan dua floating storage atau tempat penampungan untuk Fatty Acid Methyl Esters (FAME). FAME merupakan bahan dasar dari B20.

Floating storage tersebut disiapkan di Balikpapan dan Tuban.

"Kita sedang menambahkan ada floating storage dua, di Balikpapan, mudah mudahan dengan itu akan makin dekat ke 100%. Masih ada satu lagi (di Tuban) sih tapi masih perlu waktu," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com