Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Jan 2019 17:10 WIB

Freeport Jadi Milik RI, Jonan: Pak Jokowi Nggak Punya Agenda Apa-apa

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintahan Kabinet Kerja telah berhasil menyelesaikan proses divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan membeberkan kunci sukses dan trik jitu berhasil menyelesaikan negosiasi dengan Freeport McMoran, induk PTFI.

Dia bilang, sejatinya tak ada trik khusus dalam proses negosiasi Freeport Indonesia. Kuncinya adalah menempatkan hak dan kewajiban kedua belah pihak dengan baik dan berimbang sehingga proses negosiasi bisa dijalani dengan baik.

"Kalau kita lihat dari konstitusi dan perjanjian dengan Freeport, yang paling penting bagaimana kita negosiasi dengan Freeport secara fair," katanya dalam acara Indonesia Millenials Summit 2019 di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).


Menurutnya, dengan tak memiliki trik apa-apa justru negosiasi bisa selesai. Termasuk tidak adanya kepentingan yang dimiliki Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam proses negosiasi tersebut.

"Trik jitu, yang pertama pak Jokowi nggak punya agenda apa-apa," kata Jonan.


"Kedua, menurut saya tim yang ditunjuk bersama Menteri Keuangan dan Menteri BUMN, mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Jadi nggak ada pikiran lain-lain. Jadi sebenarnya nggak ada trik sama sekali," lanjutnya.

Jonan sendiri mengaku negosiasi yang dilakukan dengan Freeport Indonesia tidak mudah lantaran prosesnya yang amat detail. Namun kini kesepakatan telah diteken di mana Indonesia menguasai 51% saham atas kepemilikan Freeport Indonesia. (eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com