Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Jan 2019 20:08 WIB

Inalum Ikut Biayai Pembangunan Smelter Freeport

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut PT Inalum (Persero) akan ikut membiayai pembangunan smelter Freeport Indonesia. Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan Inalum memang harus ikut membiayai pembangunan smelter yang dibangun di Gresik.

"Dari sejak awal waktu kita akan beli saham dari Freeport kan memang terkalkulasi begini, ada investment besar. Satu untuk smelter karena kita menekankan pentingnya diproses di Indonesia, sehingga produk sampingan bisa dikembangkan di Indonesia," kata Rini di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (30/1/2019).


Dia menambahkan beberapa tahun ke depan dibutuhkan investasi besar yang ikut mempengaruhi dividen. Hal ini juga sudah menjadi perhitungan saat membeli saham Freeport Indonesia.

"Jadi memang untuk tiga tahun pertama akan banyak investment sehingga dividen akan drop, tetapi setelah itu akan naik. Nah itu sudah kita kalkulasi waktu kita beli," ujarnya.


Menurut Rini selama tiga tahun ke depan memang belum terlihat hasil investasi. Namun pada 2022 keuntungan sudah mulai ada.

"Kita tinggal memindahkan. Diharapkan dalam sebulan atau dua bulan ini bisa selesai. Biarpun itu sekarang di Inalum, tetapi sudah dialokasikan di BUMD, jadi bisa langsung pindah," jelas dia. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com