Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Feb 2019 19:17 WIB

ESDM Beberkan Lokasi Pengeboran Minyak Ilegal, Ini Rinciannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. Pertamina Foto: Dok. Pertamina
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sejumlah titik terjadinya pengeboran minyak ilegal (illegal drilling). Lokasi tersebut tersebar di pulau Sumatera dan Jawa.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto merinci, lokasi tersebut yakni Kabupaten Aceh Timur, Langkat, Bengkalis, Batanghari, Sarolangun. Lalu, Kabupaten Musi Banyuasin, Musi, Blora, Bojonegoro, dan Tuban.

"Illegal drilling merupakan permasalahan sektor migas jadi tantangan pemerintah," katanya di Komisi VII DPR Jakarta, Senin (4/2/2019).

Djoko mengatakan, pemerintah telah melalukan berbagai upaya untuk mengatasi illegal drilling. Di antaranya, menutup 126 sumur ilegal di Sumatera Selatan. Kemudian, untuk yang berada di Kabupaten Bojonegoro diarahkan untuk bekerjasama dengan PT Pertamina.


"Illegal driling di Kabupaten, Blora, Bojonegoro telah diarahkan ke penguasaan sumur tua melalui BUMD bekerjasama Pertamina EP sesuai Permen ESDM 1 Tahun 2008," paparnya.

Namun demikian, pemerintah menyadari pengeboran ilegal ini masih berlangsung. Dia bilang, pemerintah akan membentuk satuan tugas (Satgas) untuk mengatasi kegiatan ilegal migas.

"Masih maraknya illegal drilling maka sejak 2 tahun terakhir coba tangani dengan serius. Berawal dari rapat pembahasan kegiatan ilegal migas yang dipimpin Bapak Menkopolhukam 9 Februari 2017 dilanjutkan 2018 kemudian Kementerian ESDM melakukan koordinasi dengan Polhukam terkait pembentukan Tim Satgas penanganan ilegal migas," ujarnya.

Namun demikian, pembentukan satgas itu masih dalam pembahasan hingga saat ini.

"Sampai RDP ini pembentukan satgas penanganannya ilegal migas masih dalam proses penyelesaian sekarang," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed