Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Feb 2019 12:58 WIB

Jika Harga Avtur Turun, Tiket Pesawat Pasti Jadi Murah?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Jakarta - Pemerintah sedang mencari kemungkinan untuk menurunkan tarif tiket pesawat dengan membuat harga avtur lebih terjangkau bagi maskapai. Lantas, apakah dengan menurunkan harga avtur bakal diikuti oleh penurunan tarif tiket pesawat?

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti mengatakan, tarif tiket pesawat harusnya akan disesuaikan oleh pihak maskapai penerbangan jika harga avtur turun.

"Kalau harga avtur turun otomatis kan komponen komponen biaya (tiket) tadi kan berpengaruh, seharusnya mereka akan melakukan penyesuaian (tarif tiket) kembali ya," kata dia ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Polana belum bisa memastikan kemungkinan penurunan tarif tiket pesawat jika nanti harga avtur turun. Saat ini pihaknya sedang melakukan kajian terkait hal tersebut.


"Saya belum bisa kasih info karena sekarang sedang dilakukan pengkajian oleh Litbang. Litbang melakukan kajian hari ini dan besok memanggil airline untuk melakukan perhitungan kembali terhadap tarif tarif tersebut," ujarnya.

Namun, penurunan harga avtur tidak berada di Kemenhub. Itu wewenangnya ada di Kementerian ESDM. Namun berdasarkan pembicaraan antara Kemenhub dan PT Pertamina selaku badan usaha yang menjual avtur, ada peluang untuk menurunkan harga avtur.

"Saya meneruskan apa yang disampaikan mereka (Pertamina) bahwa harga avtur mereka sudah kompetitif, namun ada beberapa pos komponen harga yang sebenarnya bisa diturunkan. Tapi itu bukan kewenangan kami di perhubungan," tambahnya.

(ang/ang)
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed