Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 16 Feb 2019 10:24 WIB

Pertamina Evaluasi Harga Avtur 2 Kali Sebulan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Jakarta - PT Pertamina (Persero) akhirnya menurunkan harga avtur. Harga jual avtur yang baru ini berlaku mulai hari ini sejak pukul 00.00 WIB.

Media Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita menjelaskan sejatinya perseroan secara rutin melakukan evaluasi dan penyesuaian harga avtur secara periodik, yaitu sebanyak dua kali dalam sebulan.

"Untuk periode kali ini, harga avtur mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya," kata Arya dalam keterangannya, Sabtu (16/2/2019).


Sebagai contoh harga avtur (published rate) untuk bandara Soekarno Hatta Cengkareng mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 8.210 per liter menjadi Rp 7.960 per liter.

"Pertamina berharap penurunan harga avtur ini juga merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap industri penerbangan nasional, yang diharapkan juga berdampak pada industri lainnya termasuk pariwisata," ujarnya.

Seperti diketahui harga avtur ditengarai menjadi penyebab tingginya harga tiket pesawat. Mahalnya harga avtur diduga karena Pertamina menjadi pemain tunggal alias monopoli.


Presiden Jokowi pun telah meminta jajarannya untuk bisa menghitung ulang harga avtur beberapa waktu lalu. Jokowi mendapatkan keluhan harga avtur dari para pengusaha yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) berdampak pada tingkat okupansi kamar hotel karena masalah tersebut.

"Tadi baru tadi baru kita rapatkan. Saya sudah perintahkan untuk dihitung. Mana yang belum efisien mana yang bisa diefisienkan, nanti akan segera diambil keputusan. Segera akan," kata Jokowi di Istana Negara beberapa waktu lalu.



(fdl/ara)
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed