Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Feb 2019 17:16 WIB

Avtur Pertamina Dibilang Mahal, Rini: Dihitung dari Mana?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno/Foto: Ari Saputra Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan harga avtur yang dijual PT Pertamina (Persero) sudah kompetitif. Untuk Bandara Soekarno-Hatta misalnya, harganya tak jauh dengan Singapura.

"Jadi salah satunya begini kita juga menyadari sekarang itu, makanya suka-suka orang bicara avtur Pertamina mahal dihitung dari mana, kalau kita lihat kalkulasinya, kalau di Soetta Pertamina sangat kompetitif dekat sekali dengan Singapura," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (18/2/2018).


Namun, Rini menyadari, harga avtur untuk di daerah yang wilayahnya jauh masih mahal misalnya di Makassar. Hal itu disebabkan oleh biaya pengiriman yang tinggi serta pengelolaan pelabuhan.

"Memang kemarin saya juga me-review, di luar yang jauh, seperti Makassar cost-nya masih tinggi karena itu tadi pengirimannya, memakai pelabuhannya," ujarnya.

Oleh sebab itu, dia menyambut baik kerja sama yang dilakukan Pertamina dan Pelindo I hingga IV. Melalui kerja sama ini, aset yang dimiliki Pertamina akan dikelola oleh Pelindo sehingga memunculkan efisiensi.


"Untuk menjaga profitabilitas, efisiensi harus dilakukan, semua saya tekankan betul, kepada BUMN-BUMN lihat lagi cost structure-nya, efisienkan. Kalau lihat operasional sebetulnya bukan bisnis inti mu tapi kemudian ada BUMN lain yang menjadi bisnis intinya, ya sudah kerja samakan sama mereka yang menjadi bisnis inti. Jadi contohnya seperti ini dengan Pelindo I, II, III, IV," katanya.

"Bisnis inti Pertamina bukan pelabuhan, karena itu ngapain ngurus pelabuhan, pelabuhan biarlah diurus oleh Pelindo I-IV sehingga cost-nya lebih baik sehingga lebih efisien sehingga cost pengiriman lebih baik," tutupnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed